About

Leher rahim adalah bagian bawah rahim, tempat bayi tumbuh selama kehamilan. Kanker serviks disebabkan oleh virus yang disebut HPV. Virus menyebar melalui hubungan seksual. Sebagian besar tubuh wanita mampu melawan infeksi HPV. Namun terkadang virus menyebabkan kanker. Anda berisiko lebih tinggi jika Anda merokok, memiliki banyak anak, menggunakan pil KB dalam waktu lama, atau terinfeksi HIV.
Kanker serviks mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun pada awalnya. Nanti, Anda mungkin mengalami nyeri panggul atau pendarahan dari vagina. Biasanya diperlukan beberapa tahun untuk sel normal di serviks berubah menjadi sel kanker. Penyedia layanan kesehatan Anda dapat menemukan sel abnormal dengan melakukan tes Pap untuk memeriksa sel-sel dari serviks. Anda mungkin juga menjalani tes HPV. Jika hasil Anda tidak normal, Anda mungkin memerlukan biopsi atau tes lain. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, Anda dapat menemukan dan menangani masalah apa pun sebelum berubah menjadi kanker.
Perawatan mungkin termasuk operasi, terapi radiasi, kemoterapi, atau kombinasi. Pilihan pengobatan tergantung pada ukuran tumor, apakah kanker telah menyebar dan apakah Anda ingin hamil suatu hari nanti.